980x250

Pemda Mateng Resmikan Program Pamsimas III HID di Desa Tappilina

20210826114346_IMG_0948
120-500

Deteksinfo, Mateng – Dalam rangka peningkatan akses air minum dan sanitasi yang layak di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dilaksanakan Peresmian dan serah terima 3 Desa Pamsimas III HID di halaman Kantor Desa Tappilina, Kecamatan Topoyo, Kamis (26/8/21).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Bupati Mateng yang diwakili Asisten 2, Abdul Rajab Tenri Jaling, Provincial Coordinator Pamsimas Sulbar, Abunawar S.T, Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah 1 PPW Sulbar, Abdul Rahman S.T, Kabid Dinas Pemdes Mateng, Plh Kades Tappilina, Kades Barakkang, Kades Lembah Hada, pengurus Pamsimas di 3 Desa Penerima HID, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten II Pemda Mateng, Abdul Rajab menyampaikan apresiasinya terhadap Tim Pengelola Pamsimas.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten, Saya sangat mengapresiasi kerja Tim khususnya dalam pembangunan sarana dan prasarana Pamsimas ini” Ucapnya.

Lanjut dia katakan, setelah adanya Pamsimas ini, yang perlu kita perhatikan adalah pemeliharaannya dan pengelolaannya itulah yang utama, karena apalah gunanya kita membangun kalau kita tidak ada rasa memiliki.

“Rasa memiliki harus kita tanamkan dalam diri dalam menjaga dan mengelola sarana Pamsimas ini. Misalnya, ada sedikit kerusakan yang mungkin bisa kita tangani sendiri dulu, yah lebih baik lagi sebelum dilaporkan ke pengelola air bersih (Pamsimas), intinya rasa memiliki itu sangat penting” Tuturnya.

Disamping itu ia juga mengatakan, Suatu program dapat dikatakan berhasil, tolak ukurnya itu adalah asas manfaat mulai dari perencanaan sampai hasilnya. tanpa nilai asas manfaat, program itu saya nyatakan gagal.

Diakhir sambutannya, Abdul Rajab Tenri Jaling menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan Program Pamsimas tahap III HID tahun anggaran 2021 tersebut.

Sementara itu, Plh Kades Tappilina, Muhammad Said yang juga merupakan Sekdes Tappilina saat dikonfirmasi ditempat berbeda, bersyukur atas kepercayaan Pamsimas yang telah menunjuk Desa Tappilina sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini.

“Tentunya kami bersyukur, atas penunjukan Desa Tappilina sebagai tuan rumah dari ketiga Desa Penerima Program Pamsimas tahap III sekaligus serah terima Hibah Insentif Desa (HID), yakni Desa Barakkang, dan Desa Lembah Hada” Ucapnya.

Ia juga mengatakan, penerapan Protokol Kesehatan tetap diperhatikan, mengingat saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid 19.

Peresmian dan serah terima Program Pamsimas III HID ditandai dengan pengguntingan pita oleh Asisten 2 Pemda Mateng yang didampingi Kepala Wilayah 1 PPW wilayah Sulbar dan penandatanganan Mou dari ketiga KKM dan KP-Spams Desa.

Perlu diketahui, Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan program kolaborasi antar Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pemerintah Desa dan masyarakat dalam rangka meningkatkan akses penduduk terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak.

Kementerian PUPR sebagai Project Implementation Unit memandang program Pamsimas telah menjadi bagian penting dari upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum dan sanitasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*Adv/Sandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya