980x250

Pemkab Mateng Apresiasi Pembentukan Kampung Siaga Bencana di Tobadak

20201010110541_IMG_0032
120-500

Deteksinfo.com, Mateng – Hadirnya Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat mendapat apresiasi yang tinggi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng).

KSB yang dilaksanakan di Lapangan Desa Tobadak, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat selama tiga hari yaitu sejak tanggal 8 – 10 Oktober 2020 membuahkan hasil yang baik.

Dimana, selama 3 hari pelaksanaan KSB oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) melalui Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten, para peserta diberi pelatihan dan pembekalan dalam melakukan kesiapsiagaan bencana.

Bupati Mamuju Tengah yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Mamuju Tengah, Anwar Nasir menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas tersenggelaranya Kampung Siaga Bencana di Kabupaten Mamuju Tengah tepatnya di Desa Tobadak.

“Kondisi alam Mamuju Tengah sering terjadi Banjir, Tanah Longsor, dan baru-baru ini terjadi Gempa bertitik di Kawasan Kabupaten Mamuju Tengah, maka dari itu kehadiran KSB ini sangat membantu Pemerintah dalam mengantisipasi dan menangani Bencana yang terjadi” Kata Anwar saat memberi sambutan, Sabtu (10/10/20).

“Mudah-mudahan, kami harapkan, pada kegiatan selanjutnya kegiatan KSB kembali dilaksanakan dan ditempatkan di wilayah rawan bencana yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah, minimal satu kecamatan ada perwakilan Kampung Siaga Bencana” Harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tobadak Ashar Djamal mengatakan, dengan adanya KSB ini, kami belajar lebih banyak terkait cara menghadapi Bencana.

“Kedepannya, kami akan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi untuk terus dilakukan Pembinaan kepada Masyarakat yang telah mengikuti pelatihan Kampung Siaga Bencana” Ujar Kades.

Terlihat, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR RI, H. Arwan Aras, Tokoh Masyarakat, H. Aras Tammauni, Kemensos RI, Dinsos Provinsi, Dinsos Kabupaten, Tagana, Damkar, PMI, Tenaga Kesehatan, Camat,Kades dan beberapa instansi terkait lainnya serta Masyarakat. (Sandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya