980x250

Warga Binaan Rutan Makassar Diungsikan, Ini Penyebabnya

IMG_20210606_145446
120-500

Deteksinfo, Mateng – Gudang penyimpanan pakaian dan peralatan di Rutan Kelas 1 Makassar terbakar, membuat sejumlah warga binaan di sana harus berpindah.
Hkal itu karena gudang tersebut berada dekat dengan hunian para warga binaan, yang berada di blok B. Alhasil mereka pun diungsikan ke blok lain untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

Melansir dari fajar.co.id, Minggu (6/6/21) kepala Rutan Kelas 1 Makassar, Sulistyadi mengatakan, Posisi gudang dekat dengan blok B, maka warga binaan telah kami pindahkan atau evakuasi dari blok B ke blok I.

Saat ini, gudang tersebut telah aman dari kobaran api. Tiga unit armada dan tujuh personel dikerahkan saat kejadian, yakni sekitar pukul 01.15 WITA malam.

Namun akibat kebakaran itu, sebagian pakaian warga binaan dilalap api. Namun hal itu dianggap tidak terlalu parah, lantaran yang terbakar hanya sebagian kecil saja.

“Ada sekitar 200 lembar baju di gudang itu. Tapi tidak semua terbakar. Hanya sedikit. Itu pun bagian pinggir-pinggirnya saja,” tambahnya kepada wartawan.

Sampai dengan saat ini, tidak ada petugas rutan, warga binaan, atau petugas Damkar Makassar yang terluka akibat kejadian ini.

Diduga, Kebakaran yang terjadi di gudang rutan itu akibat kosleting listrik. Sehingga merembes ke beberapa isi gudang tersebut hingga hangus.

“Penyebabnya (diduga) kosleting listrik. Mungkin ada sambungan yang tidak pas sehingga terjadi gesekan dan percikan api,” katanya kepada wartawan.

Pantauan di lokasi , api hanya berada di dalam gudang itu. Sehingga tidak sampai merambat ke bangunan rutan lainnya.

Dua unit mobil armada pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi dan langsung masuk ke dalam rutan, yang terletak di Jalan Rutan, Kecamatan Rapoccini, Makassar itu.

Setelah armada itu masuk, pintu gerbang rutan pun langsung ditutup oleh petugas setempat. Ada sekitar satu jam lamanya proses pemadaman dilakukan.

Sejumlah aparat kepolisian dan TNI juga berada di lokasi kejadian. Beruntung tidak ada warga sekitar di lokasi, sehingga tidak menghalangi akses para petugas untuk menuju dalam rutan. (*)

Artikel ini telah tayang di fajar.co.id dengan judul, Gudang di Rutan Makassar Terbakar, Warga Binaan Mengungsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya