980x250

Jelang Idul Adha, Tim Pemeriksa Hewan Kurban Makassar Temukan Ratusan Sapi Tidak Layak Sembelih

IMG_20200725_085912
120-500

Deteksinfo.com, Makassar –  Ratusan ekor sapi tidak layak sembelih ditemukan Tim Terpadu Pemeriksaan Hewan Kurban Kota Makassar saat melakukan pemerikaaan selama kurun waktu dua hari.

Tim Terpadu Pemeriksaan Hewan Kurban Kota Makassar menemukan ratusan ekor sapi tidak layak sembelih yang dijual jelang Idul Adha 1441 Hijiriah.

Berdasarkan data yang dihimpun, pada hari pertama pemeriksaan tim terpadu mendapati 84 ekor sapi tidak layak sembelih dari total 507 ekor sapi yang diperiksa. Sedangkan di hari kedua, dari total 1.621 ekor sapi yang diperiksa ditemukan 240 ekor sapi tidak layak sembelih, dilansir dari Sindonews.com, Sabtu (25/7/20).

“Hewan kurban yang tidak layak sembelih itu tidak kita berikan surat keterangan pemeriksaan kesehatan (SKPK),” kata Abd Rahman Bando, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar.

Abd Rahman Bando menyebut hewan kurban tidak layak sembelih rata-rata dikarenakan tidak cukup umur dan cacat secara fisik.

“Hewan kurban yang tidak layak sembelih itu tidak kita berikan surat keterangan pemeriksaan kesehatan (SKPK),” kata Abd Rahman Bando.

“75 ekor ini tidak kita kasih surat keterangan, itu rata-rata karena belum cukup umur, cacat secara fisik seperti robek pada bagian telinga atau mata katarak, dan berkelamin betina,” bebernya.

Ia mencontohkan seperti di kawasan rumah pemotongan hewan (RPH), dari kurang lebih 500 ekor sapi yang diperiksa ditemukan sekitar 75 ekor tidak layak sembelih. (**)

Artikel ini telah tayang di Sindonews.com dengan judul, Ratusan Ekor Sapi Tidak Layak Sembelih Ditemukan di Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya