980x250

Sungai Barakkang Meluap, Pemukiman Warga Dusun Palopo Terendam Banjir

IMG_20211104_125057
120-500

Deteksinfo, Mateng – Derasnya curah hujan mengakibatkan luapan sungai Barakkang merendam pemukiman dan lahan pertanian warga dusun Palopo, Desa Barakkang, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), selasa (2/11/2021).

Hal tersebut dibenarkan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Mateng, Mustalib saat dikonfirmasi awak media di Kantornya, Kamis (4/11/2021).

“Benar, tingginya curah hujan yang melanda Mamuju Tengah pada selasa (2/11/2021) kemarin, mengakibatkan banjir di dusun Palopo Desa Barakkang” terangnya.

Selain itu, lanjut Dia katakan, adanya tanggul yang jebol juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya banjir di dusun Palopo.

“Tingginya debit air mengakibatkan jebolnya tanggul dan jalan karena tidak mampu menahan air, sehingga air masuk dan merendam puluhan rumah warga” jelas Mustalib yang juga merupakan mantan sekcam Karossa itu.

Diketahui, jumlah masyarakat yang terendam banjir di dusun Palopo sebanyak 147 jiwa dan 37 kepala keluarga (KK).

Sementara itu,Kalaksa BPBD Mateng, Bachtiar saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan hal senada dengan Kabid Kedaruratan dan Logistik terkait banjir yang merendam dusun Palopo, Desa Barakkang.

“Begitu menerima laporan, kami langsung terjunkan tim tanggap darurat dan tim reaksi cepat untuk melakukan tindakan langsung ke lapangan dan berhasil membawa data dan akan ditindaklanjuti ke pimpinan” terangnya.

Insyaallah dalam waktu dekat kita akan turun kembali memantau, lanjut Bachtiar.

“Berdasarkan laporan yang masuk, saat ini air sudah mulai surut dan masyarakat mulai beraktifitas kembali” Ucap Bachtiar.

Ia juga mengatakan, untuk mengantisipasi hal serupa, BPBD Mateng akan melakukan mitigasi kesiapsiagaan, mitigasi struktural maupun mitigasi non struktural.

“Pemerintah daerah, khususnya pak Bupati sangat memperhatikan mengenai ini, sehingga melalui instruksi beliau (Bupati Mateng-red) BPBD telah melakukan perbaikan saluran buang di daerah Barakkang” tutupnya.

Saat berita ini dimuat, banjir yang melanda dusun Palopo, Desa Barakkang, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah perlahan sudah mulai surut, tetapi masyarakat tetap dihimbau untuk tetap waspada. (Sandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya