980x250

Sebanyak 181 Dokter Baru Dicetak Unhas Periode Juni 2021

images (22)
120-500

Deteksinfo, Makassar – Universitas Hasanuddin (Unhas) mencetak atau mengukuhkan 181 dokter baru periode Juni 2021, Senin (21/6/21).

Fakultas Kedokteran (FK) melakukan penyerahan bukti Brevet dan pengambilan janji sebanyak 149 lulusan. Terdiri dari lulusan Gelar Sarjana Kedokteran, Sarjana Kedokteran Hewan dan Sarjana Psikologi.

Sementara Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) menggelar yudisium sebanyak 32 lulusan.

Terdiri atas Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros), tahapan Profesi Dokter Gigi dan Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).

Pelaksanaan Yudisium dan pengambilan janji lulusan kedua Fakultas berlangsung di aula masing-masing dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dekan FK Unhas, Prof Budu, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para lulusan.

Dirinya mengatakan, meskipun Covid-19 dengan segala keterbatasan.

Namun proses pendidikan tetap terlaksanan dengan baik sampai pada penamatan lulusan kedokteran Unhas.

“Meskipun tentu ada dinamika yang dirasakan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan staff FK Unhas yang selama ini sungguh menggunakan waktu ekstra dalam mengatur sistem pendidikan agar tetap berjalan,” jelas Prof Budu.

Dirinya juga mengharapkan agar para lulusan mampu mengabdikan diri dengan penuh tanggung jawab kepada masyarakat.

Dalam rangka peningkatan layanan kesehatan yang lebih baik.

Terpisah, Dekan FKG Unhas, drg Muhammad Ruslin, menerangkan hingga saat ini Alumni FKG Unhas mencapai 2.838 lulusan.

Dengan rincian Dokter Gigi sebanyak 2.699 orang dan Dokter Gigi Spesialis sebanyak 139 orang.

“Ini merupakan amanah dan tanggung jawab kami sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi.”

“Kami senantiasa berbenah baik dari segi manajemen pengelolaan, sumber daya manusia, maupun infrastruktur serta fasilitas pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar di FKG Unhas,” terang Ruslin.

Rusli menuturkan bahwa sebagai institusi pendidikan yang berada di Indonesia bagian Timur, FKG terus berinovasi. Mengingat masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih tinggi.

Khususnya di Indonesia Bagian Timur dengan rasio jumlah penduduk yang memiliki tenaga medis masih jauh dari angka ideal.

Untuk menekan rasio tersebut, saat ini FKG Unhas telah membuka 6 Prodi Spesialis.

Yaitu PPDGS Prostodonsi, PPDGS Periodontologi, PPDGS Konservasi Gigi, PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial, PPDGS Ortodonti dan PPDGS Kedokteran Gigi Anak.

Sementara untuk jenjang akademik, FKG Unhas kini telah membuka Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi.

Juga sedang menargetkan untuk membuka PPDGS Radiologi, PPDGS Ilmu Penyakit Mulut (IPM) dan Program S3 Ilmu Kedokteran Gigi.

Serta Program Vokasi Terapi Gigi dan Tekniker Gigi.

“Melalui kesempatan ini pula, kami haturkan terima kasih kepada para Guru Besar dan dosen yang telah meluangkan waktu walaupun dalam keadaan yang begitu berat serta tingkat kewaspadaan yang tinggi di masa pandemi tetapi atas kerja keras, kita tetap aktif dan produktif.” ucap drg Ruslin.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribuntimur.com dengan judul, Unhas cetak 181 Dokter Baru Periode Juni 2021, Dekan FKG: Tenaga Medis Masih Kurang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya