980x250

Kemendikbud Jalankan Program Merdeka Belajar

images - 2020-08-14T220651.006
120-500

Deteksinfo.com, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalankan program Merdeka Belajar, yakni untuk memberikan kebebasan belajar, hal itu dilakukan karena anak Indonesia belum menggapai kemerdekaan belajarnya.

“Jawabannya belum, kalau anak-anak kita sudah bisa disebut merdeka dalam belajar, ya kita tidak usah menciptakan suatu slogan atau kampanye dan filsafat Merdeka Belajar, kalau mereka sudah merdeka buat apa mengkampanyekan,” terang Mendikbud, Nadiem Makarin dalam telekonferensi pers, Jumat (14/8/20) melansir dari Fajar.co.id.

Bukan secara harfiah bebas, namun lebih banyak opsi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Hal itu bukan hanya untuk peserta didik, melainkan juga kepada guru hingga orang tua.

Bagi para murid, hal ini dilakukan untuk memerdekakan otak mereka agar dapat beradaptasi dengan dunia kerja. Di mana hal itu juga akan memerdekakan kesempatan ekonomi mereka setelah keluar dari sekolah.

Untuk guru, yakni untuk bisa menentukan apa yang terbaik bagi level kompetensi dan juga minat dari masing-masing anak didiknya. “Kemerdekaan institusi untuk berinovasi dan mencoba hal baru,” tambahnya.

“Lalu kurikulum darurat yang bisa memerdekakan guru-guru, di mana sebelumnya mengejar tayang ini agar bisa fokus mendalam kepada (mata pelajaran) yang esensial, dana BOS pun kami merdekakan, yang sebelumnya di sekat, kita merdekakan agar bisa digunakan untuk pulsanya siswa, alat TIK dan persiapan protokol kesehatan,” jelasnya.

Kemudian, dalam kurikulum tersebut juga ada modul untuk tingkat PAUD dan SD yang memudahkan orang tua dalam mengaplikasikan kurikulum.

“Ini bisa menjadi suatu kemerdekaan bagi orang tua, untuk bisa mengimplementasikan berbagai macam modul-modul di dalam rumahnya sendiri, itu bagian kurikulum SD. Itu contoh mewujudkan merdeka di tengah pandemi, walaupun tantangannya masih luar biasa, semoga spirit inovasi dan kemandirian bisa terjalin di masa pandemi ini,” pungkasnya.

Salah satu cara untuk mewujudkan kemerdekaan itu, kata Nadiem saat ini telah diimplementasikan. Salah satunya adalah perbanyak opsi pembelajaran yang sekarang bisa melalui online, televisi dan radio. (**)

Artikel ini telah tayang di Fajar.co.id dengan judul, Nadiem Sebut Anak Indonesia Belum Merdeka Belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya