980x250

Hilangkan Stigma Bikin Kopi atau Fotokopi, Kemendikbud Minta Industri Siapkan Instruktur Untuk Mahasiswa Magang

IMG_20200812_194216
120-500

Deteksinfo.com, Jakarta – Dalam pengembangan kemampuan mahasiswa pada program magang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

“Kadin telah meminta industri untuk menyiapkan instruktur bagi mahasiswa yang magang” Kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto di Kawasan Industri MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/8/20) melansir Tribunnews.com.

Lanjut Ia katakan, Kadin sangat mendorong setiap industri juga menyiapkan instruktur industri untuk membimbing magang.

“Melalui bimbingan para instruktur, stigma mahasiswa yang magang hanya untuk disuruh fotokopi dan membuat kopi akan hilang” Ujarnya.

Menurut Wikan, setiap peserta magang bakal mendapatkan pembekalan yang bermanfaat untuk peningkatan kemampuannya.

“Sehingga nanti industri itu sudah mau dan mampu mau diapain itu mahasiswa magang di sana. Suruh bikin kopi atau fotokopi atau copy paste enggak lagi. Jadi tidak hanya pelatih magang tapi juga kurikulum magang,” kata Wikan.

Selain itu, industri juga telah memiliki kurikulum untuk mahasiswa yang magang

Dirinya mengungkapkan saat ini Kadin telah bekerja sama dengan Industrie-und Handelskammer (IHK) Trier (Kadin Jerman) dalam mengembangkan pelatihan magang.

Menurut Wikan, saat ini Kadin sudah sangat intens dalam menyiapkan skema magang di perusahaan.

“Karena satu paket pernikahan sah tidak hanya kurikulum dan dosen tamu, tapi juga magang,” ucap Wikan.

Tenaga kerja yang produktif dapat dicetak melalui program magang di industri. Wikan berharap 50 persen dari lulusan vokasi merupakan tenaga kerja yang kompeten. (**)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul, Kemendikbud: Mahasiswa Magang Tidak Lagi Disuruh Fotokopi Atau Bikin Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya