980x250

Sedih, Pria Disabilitas Bersepeda dari Malang ke Jakarta Untuk Mencari Orangtuanya

IMG_20200803_180707
120-500

Deteksinfo.com, Jakarta –¬†Kisah pria asal Malang viral di media sosial Twitter usai diunggah oleh akun @ruddierawk, pada Jumat (31/7). Bagaimana tidak, Meski ia merupakan kaum disabilitas alias tunawicara, Pria tersebut tidak mengenal lelah dalam mencari kedua orang tuanya.

Sutikno, nama Pria tersebut, berasal dari Malang, Jawa Timur. Ia bersepeda dari kampung halamannya menuju Ibu Kota Jakarta. Bukan untuk gowes semata, namun Sutikno mengaku tengah mencari orang tuanya yang disebut berada di Jakarta.

“Bantu viralkan, Sutikno, asal dari Malang, Jawa Timur dari Yayasan SLB Batu Malang. Ia seorang tunawicara bersepeda ke Jakarta mencari orang tuanya,” tulis @ruddierawak.

Awalnya, menurut kabar yang beredar, Sutikno telah berada di Jakarta selama 18 hari. Meski tidak memiliki bekal dan hanya mengandalkan belas kasih dari orang, ia nekat tetap mencari orang tuanya yang dianggapnya tengah berada di Jakarta.

Dari lembaran kertas yang ia tulis, sang ibu disebut bernama Nengsih dan ayahnya, Adi Purnomo. Tanpa mengenal lelah, ia pun nekat berkeliling Jakarta demi bisa bertemu kedua orang tuanya.

Sutikno juga menulis pesan kepada orang tuanya yang telah meninggalkan dirinya. Dalam tulisan itu ia menyebut sangat membutuhkan mereka dan ia akan selalu berdoa untuk orang tuanya tersebut.

“Doa buat Ibu dan Ayahku. Ya, Allah ampunilah dosa-dosa kedua orang tua saya. Bukakanlah pintu rezeki dan umur panjang. Walaupun diriku tak bertemu Ibu, anakmu selalu berdoa buat Ibu. Tanpa ibu di dunia ini, Sutikno tak akan ada di dunia ini,” tulis Sutikno di sebuah kertas di kutip dari Kumparan.com, Senin (3/8/20).

Kisah Sutikno yang tengah mencari kedua orang tuanya mendadak ramai dibahas di media sosial Twitter. Bahkan, banyak warganet yang berniat membantu Sutikno untuk bertemu dengan kedua orang tuanya.
Akan tetapi, niat tersebut tampak sulit karena Sutikno menyebut tidak memiliki foto kedua orang tuanya. Dengan hal itu, para warganet kesulitan membantu pria asal Malang tersebut.

Selain itu, menurut pengakuan pengunggah kisah Sutikno, ia menyebut melihat Sutikno terakhir berada di Masjid Pulogebang, Jakarta Timur. Bahkan, dari isi pesan yang ditulis oleh Sutikno, ia mengaku akan pulang ke Malang jika lebaran ke-2 Idul Adha tidak juga bertemu dengan kedua orang tuanya.

Kendati demikian, menurut aku Twitter @fidy_universe, ia menyebut bahwa orang tua dari Tikno telah meninggal dunia.

“Aku nangis mas Sutikno, sampai kapanpun kamu enggak akan ketemu sama Ibu karena beliau sudah bahagia di sisi Allah. Ya, Allah, beliau sudah meninggal karena sakit,” tulisnya.

Namun, meski dikabarkan telah meninggal, para warganet tidak percaya dengan pengakuan dari pemilik akun @dy_universe. Pasalnya, Tikno menyebut kedua orang tuanya masih hidup.

Kisah Sutikno yang tengah mencari orang tuanya tersebut mendapat simpati sekaligus bantuan dari sejumlah warganet. Akan tetapi, tidak adanya foto membuat warganet tampak kesulitan menolong Sutikno.
Hingga saat ini, belum diketahui pasti, bagaimana kelanjutan kisah Sutikno yang tengah berjuang mencari kedua orang tuanya di Kota Metropolitan Jakarta. (**)

Artikel ini telah tayang di Kumparan.com, dengan judul, Perjuangan Sutikno Cari Orang Tua dengan Bersepeda dari Malang ke Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya