980x250

Kemensos RI Bentuk Kampung Siaga Bencana di Desa Tobadak Mamuju Tengah

IMG_20201008_173717
120-500

Deteksinfo.com, Mateng – Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng),Provinsi Sulawesi Barat membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (8/10/20).

Dalam keterangannya, Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Kemensos RI Iyan Kusmadiana, menjelaskan bahwa Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat untuk merubah pola pikir dan pola tindak Masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Kegiatan ini merupakan sebagai satu bentuk penanggulangan bencana berbasis Masyarakat dimana kita menyiapkan masyarakat untuk dilatih menyusun SOP dan mengujicobakan SOP tersebut dalam menyiapkan masyarakat agar lebih mampu mengelola kerentanan,ancaman dan risiko di wilayahnya sesuai potensi lokal melalui proses Perencanaan, Pengorganisasian, Penyelenggaraan dan Pengendalian melalui pendekatan Social engineering atau rekayasa sosial.” Jelas Iyan.

Lanjut Ia katakan, Kegiatan ini dilaksanakan sudah ke 774 se-Indonesia, khusus di Kabupaten Mamuju Tengah itu yang ke – 2 kalinya dilaksanakan.

KSB di Tobadak ini tidak hanya dibentuk Kementerian Sosial tetapi bersinergi dengan kementerian kementerian lain, seperti Kemendagri, Kemendes, Kementerian PUPR, serta Kementerian Pariwisata.

“Nantinya, diharapkan mereka bisa melaksanakan penanggulangan bencana jika terjadi bencana sebelum bantuan dari luar datang” Kata Kang Iyan, Sapaan akrabnya.

Ditempat yang sama, Sekdinsos Kabupaten Mamuju Tengah, Akbar As’Ad menjelaskan, kegiatan KSB di Desa Tobadak ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yakni 8-10 Oktober 2020, dihari pertama Penyuluhan, Hari kedua Pelatihan dan hari ketiga Simulasi.

Akbar juga mengatakan, KSB ini selain memberi pemahaman kepada Masyarakat dalam melakukan kesiapsiagaan saat terjadi bencana, juga membekali dan melatih Masyarakat saat terjadi Bencana.

“Maksud tujuan dibentuknya KSB Secara umum adalah untuk meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan masyarakat” Tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tobadak, Ashar Djamal mengucapkan terimakasih kepada Kemensos atas ditunjuknya Desa Tobadak sebagai Desa Kampung Siaga Bencana Tahun 2020.

“Alhamdulillah, Selaku Pemerintah Desa yang mewakili seluruh Masyarakat Desa Tobadak, sangat berterimakasih dengan adanya Kampung Siaga Bencana di Desa Tobadak ini” Kata Ashar. (Sandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya