980x250

Innalillahi, Korban Orang Meninggal Akibat Gempa di Sulbar Bertambah

FB_IMG_1610693513143
120-500

Deteksinfo, Mamuju Р Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan data jumlah korban meninggal dunia akibat gempa M 6,2 Magnitudo yang berpusat di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat per 16 Januari 2021 pukul 20.00 WIB bertambah menjadi 56 orang.

Sebanyak 47 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 9 orang di Kabupaten Majene.

Melansir dari pojokcelebes.com (17/1/21), terdapat 637 korban luka di Kabupaten Majene dengan rincian antara lain 12 orang luka berat, 200 orang luka sedang dan 425 orang luka ringan. Sedangkan di Kabupaten Mamuju terdapat 189 orang mengalami luka berat atau rawat inap.

Diketahui juga, BNPB menempatkan Rumah Sakit Darurat di Lapangan Stadion Manakarra.

Selain itu, Pusdalops BNPB memutakhirkan informasi saat ini bahwa aliran listrik di Kabupaten Majene sebagian sudah menyala. Sedangkan aliran listrik di sebagian wilayah Kabupaten Mamuju sudah dapat dialiri listrik sedangkan setengahnya masih mengalami gangguan.

Selanjutnya, jalur darat yang menghubungkan Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Provonsi Sulawesi Barat (Sulbar) kembali pulih dan dapat dilalui kendaraan pada Sabtu (16/1/21) sore.

Pada Sabtu (16/1/21) pukul 06.32 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah kembali terjadi gempabumi dengan kekuatan M5,0 di Kabupaten Majene. BMKG juga memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi. Untuk itu, BNPB menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan.

BNPB juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu. Selain itu, bagi yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan.

Masyarakat diminta untuk dapat mengikuti informasi resmi dan tidak mudah percaya dengan segala informasi yang belum jelas sumbernya. Masyarakat juga diimbau untuk tidak percaya berita bohong atau hoax mengenai prediksi dan ramalan gempabumi yang akan terjadi dengan kekuatan lebih besar dan akan terjadi tsunami. (**)

Artikel ini telah tayang di pojokcelebes.com dengan judul, Sebanyak 56 Orang Meninggal Akibat Gempa Berkekuatan 6,2 M di Sulawesi Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya