980x250

AS-Australia Salurkan Bantuan Ventilator ke Indonesia Untuk Penanganan Covid-19

IMG_20200724_105927
120-500

Deteksinfo.com, Jakarta – Indonesia telah menerima 100 unit alat penunjang pernapasan atau ventilator masing-masing dari Amerika Serikat dan Australia, hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

“100 ventilator dari AS tiba di Jakarta pada Rabu (22/7) kemarin, sementara 100 ventilator dari Australia tiba pada Selasa (21/7)” Tutur Retno dilansir dari CNNIndonesia.com, Jum’at (24/7/20).

Bantuan tersebut ditujukan untuk penanganan pandemi Virus Corona (Covid-19).

Menlu Retno dalam jumpa Pers Virtual pada Kamis (23/7/20) mengatakan, 100 ventilator dari AS ini merupakan tahap satu pengiriman dari rencana bantuan 1.000 ventilator dari AS yang akan tiba secara bertahap.

“Ratusan ventilator ini akan diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku ketua gugus tugas Covid-19” Ungkapnya.

Selain menerima bantuan ventilator, Indonesia-AS juga tengah menjajaki kerja sama pengadaan obat dan vaksin corona hingga produksi ventilator.

Sejauh ini sudah ada delapan ventilator yang dikembangkan sejumlah lembaga di Indonesia. Satu kandidat ventilator yang dibuat Institut Teknologi Bandung (ITB) telah lulus uji teknis serta klinis, dan saat ini dalam proses produksi oleh BUMN dan pihak swasta. Jenis ventilator itu CPAP/portable ventilator.

Pengadaan ventilator sempat dibahas dalam percakapan telepon antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Joko Widodo pada akhir April lalu.

Diketahui, Melalui akun Twitterya, Trump menyatakan bakal menyalurkan bantuan ventilator kepada Indonesia.

“Baru saja berbicara dengan seorang teman, Presiden RI Joko Widodo. Ia meminta ventilator yang tentu akan kami berikan. Kerja sama hebat antara kami,” tulis Trump di akun Twitternya, Jumat (24/4/20).

Trump tak menulis detail ihwal jumlah ventilator yang akan disalurkan ke Indonesia. Namun, ventilator dibutuhkan oleh hampir semua negara yang tengah memerangi wabah virus corona. (**)

Artikel ini telah tayang di CNNIndonesia.com dengan judul, Indonesia Terima Bantuan 100 Ventilator dari AS-Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya