980x250

Minta Polisi Usut Motifnya, Dewan Pers Kutuk Pelaku Pembunuhan Jurnalis di Sumut

IMG_20200830_101702
120-500

Deteksinfo, Jakarta РKematian pemimpin redaksi (Pempred) media online lokal LasserNews Today di Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Mara Salem Harahap secara tragis menjadi perhatian Dewan Pers.

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Pempred media online lokal LasserNews Today.

Melansir dari Merdeka.com, Minggu (20/6/21), Nuh menjelaskan berdasarkan pernyataan Kasat Reskrim Polres Simalungun, AKP Rahmat Ariwibowo, jika masyarakat menemukan jasad Mara Salem Harahap di dalam kendaraan pribadi yang tidak jauh dari kediamannya.

Selain itu, Polisi juga menemukan pula dua luka tembak di tubuh Mara pada Sabtu (19/6/21).

“Kekerasan, apalagi yang menghilangkan nyawa, jelas tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun. Terlebih-lebih jika kekerasan itu dilakukan terkait dengan pekerjaan seseorang sebagai wartawan,” kata Nuh dalam keterangan tertulis, Minggu (20/6/21).

Nuh juga menyatakan bila Dewan Pers mengutuk kekerasan dan pembunuhan terhadap Mara Salem Harahap.

Dia juga meminta agar aparat kepolisian segera menyelidiki kasus ini secara serius dan seksama.

Menurut Nuh, pelaku dan motif pembunuhan harus diungkapkan.

“Dewan Pers juga mengimbau agar segenap komunitas pers Sumatera Utara untuk memperhatikan masalah pembunuhan Mara Salem Harahap dan secara proporsional membantu aparat kepolisian dalam mencari bukti-bukti dan mengungkapkan fakta,” papar dia.

Selain itu, Nuh juga mengimbau agar semua pihak yang merasa dirugikan pers untuk menempuh prosedur penyelesaian sengketa pers seperti telah diatur dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan Peraturan Dewan Pers.

“Dewan Pers mengimbau agar segenap unsur pers nasional untuk senantiasa mengedepankan keselamatan diri dan menaati Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugas profesional sebagai wartawan,” jelas Nuh. (*)

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul, Dewan Pers Minta Polisi Usut Motif Pembunuhan Jurnalis di Sumatera Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya