980x250

Launching Perdana, Sanggar Kuda Birawa Gelar Pagelaran Seni Kuda Lumping Campursari

IMG_20201004_162138
120-500

Deteksinfo.com, Mateng – Sanggar Kesenian Kuda Birawa Desa Bambamanurung, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat, menggelar Pagelaran Seni antraksi Kuda Lumping Campursari dalam rangka Launching Perdana.

Kegiatan berlangsung di Kediaman ketua Sanggar Kuda Birawa, Subandi, di Dusun Salupangkang, Desa Bambamanurung, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, dan dihadiri puluhan Masyarakat yang ada disekitaran wilayah tersebut.

Kegiatan seni Kuda Lumping sendiri merupakan seni tari yang dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu atau bahan lainnya dengan dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya yang di gelung atau di kepang, sehingga pada masyarakat jawa sering disebut sebagai jaran kepang.

“Pagelaran ini digelar dengan tujuan sebagai hiburan Masyarakat, dimana nantinya melalui kesenian ini dapat menyatukan Masyarakat dari semua Kalangan” Kata Subandi saat dikonfirmasi awak media di Kediamannya, Sabtu (3/10/20).

Lanjut Subandi katakan, Sebagai upaya melestarikan budaya, Ia bersama beberapa rekannya, mendirikan sebuah Sanggar Seni yang diberi nama Sanggar Kuda Birawa.

“Jadi, langkah awal yang kami lakukan untuk memperkenalkan Sanggar ini, yaitu dengan menggelar Pertunjukan seni Kuda Lumping dan Campursari dan mengundang beberapa Tokoh dan Masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan ini” Ungkapnya.

Ia berharap, Sanggar Kuda Birawa ini kedepannya semakin sukses dan menjadi sanggar yang dapat memberi hiburan kepada Masyarakat.

Sementara itu, Penanggung jawab sanggar, I Gusti Budi Santoso, mengatakan, dengan lahirnya sanggar ini dapat menjadi salah satu upaya dalam melestarikan warisan budaya leluhur.

“Kedepannya kita ingin membesarkan Sanggar ini, jadi bukan hanya Kesenian Jawa, tetapi nantinya semua Kultur Kesenian suku di satukan di Sanggar ini” Jelas Budi.

Adapun susunan kepengurusan inti yang dihimpun Deteksinfo.com yaitu, Penanggung jawab Sanggar, I Gusti Budi Santoso, Penasehat, Ngatirin dan Muhaimin, Ketua, Subandi, Sekertaris, Agusman, Bendahara, Martinah.

Terpantau, Kegiatan Berlangsung aman dan lancar, dimana berbagai macam kesenian ditampilkan, seperti Antraksi Kuda lumping, Lagu campur sari, Permainan alat musik tradisional Jawa, serta tari-tarian bernuansa Jawa. (Sandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya