20220326_224829

Pemdes Batuparigi Gelar Musdes Sekaligus Rapat Penentuan Kriteria Masyarakat Miskin

IMG_20220122_194935
120-500

Deteksinfo, Mateng – Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Parigi, kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar musyawarah desa (Musdes) dirangkaikan rapat penentuan kriteria masyarakat miskin di balai desa Batuparigi, sabtu (22/1/2022).

Kegiatan dihadiri Koordinator Pendamping Desa tingkat Mateng, Naharuddin, Kepala Desa, Sarifuddin, Ketua BPD, Sidran, Sekertaris Desa, Demianus Yohanis, Kepala Dusun, ketua RT, tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Tenaga Kesehatan serta Aparat Desa Batuparigi.

Agenda utama dalam musyawarah ini adalah pembentukan tim penyusun RKP Desa yang terdiri dari beberapa orang sekaligus rapat penentuan kriteria masyarakat miskin.

Dalam sambutannya, Ketua BPD Sidran mengatakan, tugas-tugas tim penyusun antara lain pencermatan perkiraan pendapatan desa, pencermatan ulang dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa, penyusunan rancangan RKP Desa, penyusunan rancangan Daftar Usulan RKP Desa, dan penyusunan desain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Penggalian usulan oleh tim yang telah terbentuk di masing-masing wilayah, secara berkelompok membuat perencanaan pemerintahan desa, pembangunan desa, perencanaan pemberdayaan masyarakat desa, perencanaan pembinaan masyarakat dan perencanaan penanggulangan bencana dan keadaan mendesak.

Perencanaan yang dibuat berpedoman pada RPJM Desa, RKP Desa tahun sebelumnya, dan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa, tuturnya.

Sementara itu, Kades Batuparigi Sarifuddin berharap kegiatan Musyawarah Desa ini menjadi langkah awal untuk menentukan pembangunan di Desa Batuparigi mendatang.

“Semoga kegiatan Musdes ini berlangsung tertib dan menghasilkan sesuatu yang dapat kita jadikan rujukan untuk melaksanakan pembangunan di tahun 2022 ini” harapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Sarifuddin menjelaskan bahwa selain pelaksanaan Musdes juga dilaksanakan rapat penentuan kriteria masyarakat miskin di Batuparigi karena akan menjadi rujukan Pemerintah Desa dalam memberikan bantuan.

“Hari ini juga dirangkaikan rapat penentuan kriteria masyarakat miskin untuk itu nantinya diharapkan ada acuan pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat, baik bantuan dari Desa, bantuan dari kabupaten maupun pusat” jelasnya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya