980x250

Susun Rencana Kerja Untuk Tahun Depan, Pemdes Kambunong Gelar Musdes

Suasana musyawarah Desa Kambunong
120-500

 

 

Foto : Suasana pembukaan Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan RKPDesa Kambunong

Deteksinfo, Mateng – Pemerintah Desa (Pemdes) Kambunong, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menggelar musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Desa (RKPD) tahun anggaran 2021.

Kegiatan berlangsung di balai Kantor Desa Kambunong yang dihadiri, Ketua BPD Kambunong, Sekertaris Desa, Babinsa, Pendamping Kecamatan, pendamping Desa, para kepala dusun, pihak Kesehatan, pihak pendidikan serta Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama. Selasa, (14/7/20).

Dalam sambutannya, Ketua BPD, Hasbi mengucapkan rasa syukurnya karena kegiatan RKPDesa berlangsung dengan baik sesuai rencana.

“Hal ini merupakan rutinitas tahunan yang dilakukan pemerintah Desa untuk menyusun anggaran atau rencana pembangunan dalam menentukan skala prioritas” Jelas Hasbi.

Kami berharap, lanjut Hasbi katakan, para kepala dusun serta pihak-pihak yang terkait untuk mengusulkan hal-hal yang dianggap skala prioritas sehingga pekerjaan tahun depan dapat dilaksanakan sesuai hasil musyawarah ini.

“Mudah-mudahan tahun depan keadaan sudah normal kembali sehingga apa yang kita rencanakan hari ini, apa yang kita usulkan hari ini dapat terealisasikan” Harap Ketua BPD.

Ditempat yang sama,Nuril Isnain, Pendamping Kecamatan, memaparkan mekanisme perencanaan pembangunan dihadapan para peserta Musdes.

“Terkait mekanisme penyusunan rencana kerja pemerintah Desa yang tiap tahunnya kita laksanakan di mulai bulan Juni sampai penetapan bulan September, kemudian penyusunan APBDes-nya dimulai bulan Oktober sampai penetapan di bulan Desember tahun berjalan untuk penyusunan rencana kerja pemerintah Desa tahun depan” jelas Nuril.

Lanjut dia katakan, Di desa yang ada di Mateng ini rata-rata sumber pendapatannya yaitu ada dua, pertama Anggaran Dana Desa (ADD) dari APBD Kabupaten, yang ke Dua dari Dana Desa atau dari APBN Pemerintah Pusat.

“Dari dana desa diprioritaskan itu dua bidang, bidang pembangunan dan bidang pemberdayaan” Ujarnya.

Sementara itu,Penjabat Sekdes Kambunong, Muhammad Nur, yang mewakili Kades Kambunong mengatakan,
Mari kita berpikir bersama sama, para kepala dusun, ketua RT, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan silahkan memasukan usulan yang dapat membangun desa kita ini.

“Kita berharap, usulan-usulan yang dimasukkan betul-betul skala prioritas” tutupnya.(Sandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya