980x250

Selesai dikerjakan, Sejumlah Pihak Apresiasi Perbaikan Jalan Menuju Ibu Kota Desa Kambunong

IMG_20201102_195601
120-500

Deteksinfo.com, Mateng – Jalanan yang menjadi akses utama menuju ke Ibu Kota Desa Kambunong, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang sebelumnya rusak parah kini mendapat perbaikan dari Pemerintah Desa melalui Anggaran Dana Desa (DD).

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Desa terhadap keluhan Masyarakat yang telah lama dirasakan selama ini.

Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Kambunong, Subri S.Pd, M.Pd saat dikonfirmasi awak media Via WhatsApp (WA), Senin (2/11/20) mengatakan, Penimbunan jalan ini dilakukan atas aspirasi Masyarakat yang selama ini menjadi keluhan mereka. Bahkan, seolah Jalanan rusak sudah menjadi identitas Desa Kambunong namun secara perlahan stigma itu kita hilangkan.

Lanjut Subri katakan, Pandemi Covid-19 cukup banyak menguras Dana Desa dengan alokasi penanganan Covid-19 dan BLT-DD. Namun, pihaknya berupaya dalam penyusunan anggaran tetap memberi porsi untuk perbaikan jalan.

“Perlu diketahui, jalan yang dikerja tahun ini merupakan akses utama menuju ibu kota Desa, tentu semua Masyarakat melalui akses ini. Selain itu, jalan ini juga merupakan penunjang utama perekonomian di Desa Kambunong, hasil rumput laut, tambak, dan sebagian sawit di distribusikan melalui akses jalan ini. Jadi, dapat dikatakan 90% perekonomian di Desa Kambunong akan mandek jika jalan ini rusak” Jelasnya.

“Mengingat tekstur tanah yang gambut, kita sudah siapkan plan pembangunan, plan kebijakan kedepan agar jalan akses utama ke ibu Kota Desa tetap dapat dilalui dengan nyaman. Ini kita akan Musyawarahkan dengan stakeholder terkait” Lanjutnya.

Sementara itu, Sekcam Karossa , Mustalib sangat mengapresiasi Pekerjaan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa.

“Saya sebagai Warga kambunong sekaligus sebagai Sekcam di Kecamatan Karossa sangat mengapresiasi kepada Penjabat Kepala Desa Kambunong terkait pekerjaan perbaikan jalan yang cukup baik dari sebelumnya” Ujar Dia.

Ia berharap, jalanan tersebut dipelihara dan dirawat dengan baik dan kedepannya untuk segera dilanjutkan yang belum diselesaikan.

Dikonfirmasi terpisah, Pendamping Desa, Nuril juga mengapresiasi kegiatan perbaikan jalan tersebut, Alhamdulillah Jalan yang dari jalan poros ke Kantor Desa Kambunong sekarang sudah layak untuk dilalui, sudah lama jalan itu sangat memprihatinkan bagi Masyarakat Kambunong maupun yang dari luar Desa, Selaku Pendamping Desa di Kecamatan Karossa saya ucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Desa Kambunong khususnya Penjabat Kades Kambunong yang senantiasa peduli kepada Masyarakatnya.

“Adapun masukan dari Saya pribadi, alangkah baiknya jalan tersebut segera di Talud di Tahun 2021 apakah dengan memakai anggaran Dana Desa maupun dari APBD Kabupaten/ Provinsi. Tapi untuk saat ini Kita semua layak memberikan Apresiasi kepada Penjabat Kades Kambunong” Ujarnya.

Tidak ketinggalan, Perwakilan Pemuda Kambunongpun, Murdin Kamil turut berkomentar, “Kami selaku Pemuda Desa Kambunong, sangat bersyukur serta berterimah kasih kepada Pemerintah Desa kambunong atas perjuangan dan kerja kerasnya dalam memajukan kampung Kami” tuturnya.

Sepanjang untuk Kepentingan Desa, Ia mengatakan, Pihak Pemuda mendukung penuh program-program Desa dan menjadi Garda terdepan dalam mengawal pembangunan Desa.

“Terkait dengan peningkatan jalan sepanjang 3 Km menuju Ibu Kota Desa, selaku pemuda Saya beri jempol 2 buat saudara Saya Subri, selaku Pj Kades di Desa Kami. Karena Saya pikir bahwa beliau sangat paham apa yang menjadi proritas atau kebutuhan pokok dalam pembangunan khususnya di Desa Kambunong hari ini” Tutupnya. (Sandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya