980x250

Pembangunan Infrastruktur Desa Momalia 2 Utamakan Menggunakan SDM Lokal

IMG-20201005-WA0021
120-500

Deteksinfo.com, Bolsel – Pembangunan Infrastruktur Fisik Pemerintah Desa (Pemdes) Momalia 2, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut), mengutamakan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dan tenaga kerja lokal melalui Program Padat Karya Tunai (PKT) yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD).

“Pembangunan di Desa Momalia 2 ini sesuai Permendes PDTT No 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020” Kata Muhammad Chan Kamaru, selaku Penjabat Sementara Kepala Desa Momalia 2 Kepada awak media, Senin (5/10/20).

Tahun ini, Lanjut Kamaru katakan, kami fokus pembangunan Drainase, jamban, Posyandu (Pustu), dan RTLH. Dimana, setiap pembangunannya kami memakai sumber Daya lokal dan tenaga kerja lokal. Setiap titik lokasi pembangunan, ya warga sekitar itu lah yang bekerja.

“Pembangunan fisik di Desa ini (Momalia 2-red) seperti Drainase, jamban, pustu, dan RTLH adalah pembangunan prioritas Kepala Desa lama” Jelasnya.

Pembangunan fisik Desa Momalia 2 yang telah selesai yaitu, Drainase sepanjang 40 meter di dusun 4, RTLH dua unit di Dusun 2 dan Dusun 4, sedangkan pembangunan jamban 13 unit terbagi di setiap dusun yang ada di Desa Momalia 2 dan hanya memakan waktu 5 hari kerja telah selesai, sementara itu, pembangunan pustu di Dusun 3 dalam tahap proses pembangunan.

“Saya sebagai PJS Kades Momalia 2 hanya melanjutkan program prioritas pembangunan fisik Kades lama, saya tidak mengurangi dan menambah usulan yang sudah di prioritaskan tahun ini. Dalam PKT tersebut, masyarakat disekitar lokasi pembangunan mendapatkan lapangan pekerjaan,” Akunya.

Menurutnya, dengan adanya PKT (Padat Karya Tunai) itu memberikan perluasan kesempatan kerja dan pendapatan tambahan bagi masyarakat sekitar.

“PKT sangat menyentuh langsung Masyarakat. Selain pendapatan bertambah, masyarakat juga secara langsung merasakan pembangunan yang mereka bangun, apa lagi di tengah pandemi Covid-19, pendapatan Masyarakat menurun” Ujarnya.

Ia juga menambakan, bahwa semua pembanguan fisik di Desa Momalia 2 ini atas kerja sama dari Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Momalia 2.

“Tanpa kerja sama yang baik antara pemerintah Desa dan Masyarakat, pembanguan di Desa ini tidak akan berjalan lancar dan cepat selesai” Kata Chan, Sapaan Akrabnya.

“Saya berharap, kepada Masyarakat Desa Momalia 2 agar selalu merawat dan menjaga semua aset Desa (Pembangunan fisik), sebab aset Desa adalah aset Masyarakat dan tetap menjaga kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa dengan Masyarakat untuk membangun desa yang kita cintai ini kedepannya lebih baik lagi, siapa lagi yang membangun Desa yang kita cintai ini kalau bukan kita semua.” tutupnya. (2M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya