20220326_224829

Ketua MPC PP Prabumulih Sebut Pancasila Pemersatu Bangsa Indonesia

IMG-20220601-WA0021
120-500

Deteksinfo, Prabumulih –¬†Dilansir dari BKN, penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Libur Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa senantiasa mengingat Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Dikutip dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pada 1 Juni 1945, Soekarno berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Ketika itu, BPUPKI memang tengah mengadakan sidang kedua mempersiapkan dasar negara bagi Indonesia merdeka.

Presiden pertama Republik Indonesia itu pun menyampaikan gagasannya dalam Pidato bertajuk “Lahirnya Pancasila”.

Dalam pidato itu, untuk pertama kalinya konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan Soekarno sebagai dasar negara merdeka.

Setelah menyampaikan pidatonya, gagasan Soekarno mengenai dasar negara Indonesia diterima oleh para anggota BPUPKI.

Akhirnya, Pancasila dinyatakan secara sah dan resmi menjadi dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945.

Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Prabumulih, pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama mengenang kembali bagaimana perjuangan para pahlawan.

Bagaimana perjuangan menegakkan pancang kemerdekaan dengan darah dan air mata diatas sendi-sendi Pancasila sebagai lambang dasar negara republik Indonesia.

“Mari jadikan peringatan ini sebagai momentum bagi kita untuk terus dapat bekerja cerdas, bekerja ikhlas dengan rasa pancasilais yang harus terus tertanam dalam jiwa,” ungkap Rifki Baday Baihaqi saat dibincangi awak media, Rabu (1/6/2022).

Ditambahkannya pula oleh pemilik Note Hotel ini, untuk semua anak bangsa agar senantiasa memperkokoh persatuan dan kesatuan dibawah naungan Pancasila.

“Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia lebih baik, walaupun berbeda agama, beda bahasa, beda suku ataupun latar belakang, tapi tetap kita kuatkan persatuan dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila,”

Rifki juga menyampaikan ucapan Selamat Memperingati hari jadi Pancasila.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Mari raih kesejahteraan dan kesuksesan kita masing-masing, dengan landasan dasar pancasila yang tetap harus terus mengiringi denyut nadi dan detak jantung kita, dimana pun dan kapanpun, sebagai rasa cinta kita terhadap negeri ini,” pungkas Baday. (Sitoh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya