980x250

Berpusat di Mamuju Tengah, Gempa Bermagnitudo 5,4 Rusak 10 Rumah Warga

FB_IMG_1603863570004
120-500

Deteksinfo.com, Mateng – Sebanyak 10 rumah warga rusak akibat Gempa yang berpusat di dusun Kampung Baru, Desa Kuo, Kecamatan Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat dini hari yang berkekuatan 5,4 skala richter.

“Iyah betul, akibat gempa itu merusak rumah warga,” Kata Kepala Desa Kuo Riyaman, saat dikonfirmasi, Rabu (28/10/20).

Menurutnya, Sebanyak 10 rumah mengalami dampak kerusakan akibat gempa yang terjadi pukul 03.43 WITA. Diantaranya tujuh rumah rusak parah dinding tembok runtuh yang terbuat dari batu batako kemudian tiga rumah rusak sedang mengalami retak pada dinding tembok yang terbuat dari batu batako juga” Jelas Kepala Desa Kuo, Riyaman.

Dari pengakuan Riyaman, saat gempa sedang berlangsung warga terbangun karena panik dan keluar rumah berhamburan. Dan tidak masuk rumah lagi karena khawatir gempa susulan terjadi kembali.

Setelah keadaan dirasa aman, baru mengecek dampak kerusakan akibat gempa itu. Dari pengakuannya, tidak ada warga yang mengalami luka akibat reruntuhan material rumah.

“Alhamdulillah, kondisi warga aman tidak ada yang terkena reruntuhan tembok,”tambahnya.

Saat ini warga sedang bersih-bersih sisa reruntuhan tembok rumahnya yang runtuh, kemudian istri dan anak pemilik rumah masih mengungsi di rumah keluarganya.

Ia mengimbau kepada warganya tetap waspada akibat guncangan gempa itu, dan berharap agar gempa susulan tidak terjadi lagi.

Ia juga menyampaikan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mateng, sudah ke lokasi mengecek langsung kondisi warga akibat gempa tersebut.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Mateng, Awaluddin, mengatakan, masih sementara assesment ke lapanngan akibat gempa tersebut.

“Kami masih mendata ke lapangan akibat kerusakan gempa, berapa kerugian yang dialami warga,” tandas Awaluddin.

Ia mengimbau, kepada warga Mateng, tetap waspada dan jangan panik serta tidak mudah mempercayai berita hoax yang tidak jelas sumbernya, tetap memperhatikan informasi dari pemerintah. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya