20220326_224829

Warga Tappilina Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

20220818094550_IMG_1436
120-500

Deteksinfo, Mateng –¬†Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat menggelar pelatihan Budidaya ikan air tawar konsumsi di Desa Tappilina, Kamis (18/8/2022).

Kegiatan berlangsung di salah satu rumah warga dusun Sukamaju bernama H. Cambang yang notabene beliau adalah Pembudidaya ikan nila.

“Sengaja kita laksanakan kegiatan ini di rumah beliau (H. Cambang-red) agar masyarakat dapat melihat secara langsung cara berbudidaya ikan nila konsumsi” ucap Kades Tappilina, Asrar saat membuka kegiatan.

Ia menjelaskan, Pemerintah Desa sengaja mengundang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mamuju Tengah agar masyarakat dapat menerima ilmu mengenai budidaya ikan air tawar langsung dari ahlinya.

Kades menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tata cara pembudidayaan ikan air tawar.

“Semoga dengan hadirnya penyuluh perikanan dari Dinas Kelautan dan Perikanan datang ke Tappilina dapat memberi pemahaman dan pengetahuan kepada Masyarakat terkait budidaya ikan air tawar agar berdampak pada penghasilan masyarakat” harapnya.

Sementara itu, Mewakili Kadis Kelautan dan Perikanan, Ernawaty, Kasi Pengembangan Budidaya Perikanan mengatakan budidaya ikan air tawar, khususnya ikan nila memiliki keunggulan cepat pertumbuhan serta masa panen ikan.

“Dengan adanya pelatihan ini semoga masyarakat lebih memahami cara berbudidaya ikan nila dengan baik sehingga bisa berdampak pada perekonomian masyarakat” tuturnya.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan sesi tanya jawab dan meninjau langsung lokasi budidaya ikan air tawar milik H. Cambang.

Terlihat, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan pengecekan suhu dan kesehatan air kolam disaksikan warga.

Diketahui, Pemerintah Desa Tappilina telah menganggarkan untuk Ketahanan Pangan sebesar 20% dari Anggaran Dana Desa. (Adv)

Pewarta Deteksinfo.com : Mizwar

Editor : Key

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya