980x250

Desa Tobadak Mamuju Tengah, Bangun Taman Bermain Anak dan Kafe Desa

IMG_20211025_133629
120-500

Deteksinfo, Mateng –¬†Pemerintah Desa Tobadak Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat memanfaatkan Dana Desa Untuk Membangun Taman Bermain Anak dan Kafe Desa.

Hal tersebut dilakukan sebagai inovasi Desa Tobadak dalam membangun Desa dan salah satu wujud peningkatan sarana dan prasarana penunjang untuk meningkatkan perekonomian dan sumber daya yang ada.

“Pembangunan taman bermain untuk anak ini, yang dipadukan dengan pembangunan sejumlah Kafe bertujuan untuk memberi suasana baru di Desa Tobadak” kata Kades Tobadak, Ashar Djamal saat dikonfirmasi awak media, senin (25/10/2021).

Pembangunan tersebut juga diawali dari keprihatinan Ashar saat mulai menjabat sebagai Kepala Desa Tobadak, dimana pemuda dan anak-anak tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan diri mereka.

“Awalnya saya prihatin dengan anak-anak muda yang tidak memiliki tempat hiburan di Desa seperti kafe dan sejenisnya, sehingga ketika hari libur tiba, mereka keluar untuk mencari kafe di Ibu Kota kabupaten dan jaraknya cukup jauh dari Desa” ceritanya.

Begitu juga dengan anak-anak seusia Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia dini (Paud), mereka tidak memiliki tempat untuk bermain, lanjutnya, sehingga muncullah sebuah ide untuk membangun sebuah tempat bermain untuk anak-anak dan kafe untuk kalangan remaja dan pemuda tidak terkecuali para orang tua.

“Kami juga berharap taman bermain anak dan kafe Desa yang dikelola oleh Bumdes ini, kedepannya diharapkan dapat memberi PAD untuk Desa” harapnya.

Pembangunan taman bermain anak dan kafe Desa tersebut berlokasi tepat di jantung Ibu Kota Desa Tobadak, yang lokasinya sangat strategis karena dilalui jalan poros kecamatan Tobadak dan berada di Lapangan Tobadak.

“Alhamdulillah, Pembangunan sudah berjalan sekitar 60-70%, kita targetkan selesai di bulan depan (November-Red)” Ucap Abdul Rahman, selaku Tim Pelaksana kegiatan (TPK) Desa Tobadak saat dikonfirmasi.

Rahman juga menjelaskan bahwa, pengerjaan pembangunan tersebut menggunakan padat karya, dimana pekerjanya merupakan masyarakat Desa Tobadak itu sendiri.

“Adapun besaran dana yang digunakan itu sebesar Rp. 151.407.300” Tutupnya.

Diketahui, selain membangun Taman Bermain Anak dan Kafe Desa, Pemerintah Desa Tobadak juga membangun Posyandu yang terletak di dusun Batusitanduk dengan menelan anggaran sebesar Rp. 148. 459.900. (*Advertorial/Sandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait lainnya